cara menghitung bilang loncat sd kelas 1-3 tvri
Meloncat dan Mengukur Bilangan
Matematika untuk SD kelas 3 yang diterbitkan oleh Kemneterian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Berikut rangkuman materi pelajaran Matematika kelas 3 SD secara lengkap.
Rangkuman Materi Pelajaran Matematika Kelas 1-3 SD
Menentukan Letak Bilangan pada Garis Bilangan
a. Garis bilangan adalah garis untuk meletakkan bilangan.
Pada garis bilangan:
bilangan yang lebih besar terletak di sebelah kanan.
bilangan yang lebih kecil terletak di sebelah kiri.
Contoh:
85 berada di sebelah kanan 84.
45 berada di sebelah kiri 46.
b. garis bilangan berguna untuk melihat urutan bilangan.
Contoh:
Bilangan di antara bilangan 224 dan 229 adalah 225, 226, 227, dan 228.
c. Urutan bilangan dapat berupa bilangan loncat. Urutan bilangan pada barisan bilangan disebut suku
Contoh: 3, 6, 9, 12, 15 disebut pola bilangan loncat 3 suku ke-1 adalah bilangan 3, suku ke-2 bilangan 6.
d. Pola bilangan dapat disajikan dalam bentuk pola bangun datar.
pola tersebut dinamakan barisan geometri
contoh soal pembahasan meloncat dan mengukur bilangan tvri kelas 1-3 sd
1. Nisa bermain loncat angka. Dia mulai di angka 1. Berikutnya Nisa meloncat sebanyak satu kali berada di angka 4. Jika Nisa berada di angka 1 dan ia melompat sebanyak tiga kali, di angka berapakah Nisa berada?
Jawaban
Jika dari angka 1 nisa melompat 1 kali, dia berada di angka 4.
Jika Nisa melompat 3 kali, maka nisa akan berada di angka 10.
Setiap lompatan Nisa akan melewati dua angka.
2. Arya memiliki bilangan 315, sedangkan Jamal memiliki bilangan 513. Apabila angka 3 pada kedua bilangan milik Arya dan Jamal dijumlah, hasil yang akan diperoleh adalah?
Jawaban
Angka 3 milik Arya : 300 (posisi ratusan)
Angkat 3 milik Jamal : 3 (posisi satuan)
Jadi : 300 + 3
= 303
3. Andi akan membuat bilangan ratusan dari angka 0, 2 dan 5.
A. Berapa banyak bilangan ratusan yang dapat dibuat Andi.
B. Urutkan bilangan tersebut dari yang terkecil.
Jawaban
A. 4 bilangan
B. 205, 250, 502 dan 520.