I. PENGERTIAN ORGANISASI
Organisasi adalah proses kerja sama sejumlah yang terikat dalam hubungan formal dalam rangka untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan (Dr. Sarwoto, dasar-dasar organisasi dan manajemen) Organisasi adalah wadah sekumpulan orang yang mengabungkan diri dengan tujuan tertentu (HM. TAYLOR dan AG. Mears) Organisasi adalah tata hubungan antara orang-orang untuk dapat memungkinkan tercapainya tujuan, kerja sama dengan adanya pembagian tugas dan tangung jawab (John M. Gains, Organisasi satu pengantar).
Dari pengertian di atas maka organsiasi dapat ditinjau dari dua sorotan :
1. Organisasi sebagai wadah, di mana kegiatan admisnistrasi dilaksanakan sehingga bersifat statis atau seperti benda mati.
2. Organisasi sebagai hal yang hidup, manakala kita menyaksikan bahwa organisasi dapat meprotes tindakan sewenang-wenang dari seorang oknum, organsiasi dapat merevolusi, mendukun dan tidak menyetujuinya dari suatu kebijakan / kebijaksanaan.
II. UNSUR-UNSUR ORGANISASI
1. PD dan PRT (Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga)
2. Personalia Organisasi
3. Struktur Organisasi
4. Program organisasi
5. pembagian kerja
6. Permusyawaratan
III. MACAM-MACAM ORGANISASI
Organisasi terdiri dari berbagai macam, antara lain sebagai berikut:
1. Organisasi kemahasiswaan : Ekstra dan Intra Kampus
2. Organisasi profesi : Parfi, PWI, IKADIN dan IDI dll
3. Organisasi minat : Persebaya, Mitra dll
4. Organisasi Politik : PKB, PDI-P PAN dll
5. Organisasi keagamaan : NU,IPNU,IPPNU, Muhammadiyah
6. Organisasi sosial : Karang Taruna, LSM, Dll
IV. TIMBULNYA ORGANISASI
1. Spontan / sporadis;
2. Diprakarsai;
3. Dibentuk oleh organisasi yang telah ada;
4. Penggabungan dan pemisahan organisasi yang ada
V. PENUTUP
Bagaimanapun juga keberhasilan suatu organisasi terletak pada kerjasama yang baik dan kejelasan program serta tujuan organisasi tersebut. Untuk itu beberapa cii yang baik dari suatu organisasi antara lain:
1. Terdapat tujuan yang jelas.
2. Tujuan organisasi harus dipahami dan diterima oleh setiap orang yang ada di dalam organisasi tersebut.
3. adanya kesatuan arah (unity of direction)
4. Adanya kesatuan perintah (Unity Of Command)
5. Adanya pembagian tugas (Job description)
6. Adanya keseimbangan antara wewenang dan tanggung jawab.
Materi Bentuk PPT
Klik Link Download PPT di bawah ini ⇩⇩⇩